Rabu, 09 Oktober 2013

Tutorial Singkat Membuat Buku dengan MS. Word


Tutorial Singkat Membuat Buku Menggunakan MS. Word
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Hay teman-teman semua, kali ini saya ingin berbagi tentang Tutorial membuat buku dengan Microsoft Word.
Sebelum kita mulai, alangkah baiknya bila kita berdoa dulu ya.
Membuat buku dengan MS. Word kini bisa lebih mudah. Caranya adalah sebagai berikut:
1.    Kita buka MS. Word, Pilih Insert à Cover Page, pilih cover yang anda inginkan, buat semenarik mungkin, agar pembaca tertarik dengan buku tersebut. Warna cover bias anda buat sesuai keinginan.
2.    Isi Type The Document Title dengan judul yang akan anda buat, Subtitle, Year, Pick the Titte, Type the Company Name dan User sesuai referensi yang anda inginkan.
3.    Setelah cover selesai, pilih Page Layout à  Watermark à Custom Watermark, edit sesuai yang anda inginkan, agar background pada tampilan belakang tulisan terlihat lebih menarik.
4.     Mulailah membuat Daftar Isi.
5.    Lengkapi buku dengan Equation jika materinya menyangkut pelajaran yang berhubungan dengan rumus, dengan pilih Insert à Equation.
6.    Selanjutnya, tulis isi dari materi yang ingin anda tuangkan dalam buku itu serapi mungkin agar pembaca mudah memahami isi buku tersebut.
7.    Beri header, footer dengan klik Insert à Header/Footer, pilih sesuai yang anda inginkan. Dalam Header dan Footer, bias juga anda sisipkan tulisan tentang judul buku atau tema yang dibahas.
8.     Jika ingin membuat poin-poin pada isi, pilih Bullet/Numberring yang ada pada barisan Tool Bar. Jika ingin mencari jenis/bentuk bullet yang lain, pilih Devine New Bullet yang ada dibawah kolom bullet. Bisa juga memakai symbol/picture lain yang anda miliki.
9.    Sertakan biografi diri anda dihalaman belakang.
10. Dan jangan lupa, sertakan footnote juga ya.
Sekian tutorial singkat dari saya, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua.
Apabila ada kesalahan, harap dimaklumi.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar